HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Sragen

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Sragen

Articles in Category: Berita

Ketua Pengadilan Negeri Sragen Jadi Inspektur Hut Mahkamah Agung Ke – 70

on Kamis, 03 September 2015. Posted in Berita

Ketua Pengadilan Negeri Sragen Jadi Inspektur Hut Mahkamah Agung Ke – 70

“ Meningkatkan Kepercayaan Publik Melalui Independensi Lembaga Peradilan”

Sragen-IT: “ Hari Rabu seluruh warga Mahkamah Agung serentak memperingati sejarah lembaga peradilan Indonesia yaitu Hari Jadi Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-70 yang  jatuh pada setiap tanggal 19 Agustus. Dalam usia yang ke -70 dengan menyalurkan amanah konstitusi “ kekuasaan kehakiman merupakan kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan”. Untuk mendorong terwujudnya Badan Peradilan yang Agung dan kekuasaan kehakiman melalui kebijakan penting untuk membuka pencari keadilan dan berusaha mengatasi segala hambatan dan rintangan untuk dapat tercapainya peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.

Amanah konstitusi peradilan dengan kekuasaan yang merdeka, sebagai lembaga Yudikatif. Mari kita bersama-sama bertekad untuk membawa Mahkamah Agung yang mandiri dan terbebas dari segala bentuk intervensi, transparan dan akuntabel. Oleh karena itu kita harus bekerja keras terus untuk menjadikan badan peradilan yang lebih baik dan responsive sesuai kebutuhan masyarakat sebagai kepercayaan publik terus terjaga. Sebagai warga peradilan untuk bisa melayani masyarakat sepenuh hati, sopan santun dan beretika.

Upacara yang dilaksanakan dihalaman Pengadilan Negeri Sragen ini bekerjasama dengan Pengadilan Agama Sragen, karena masih satu atap/ saudara dengan Mahkamah Agung. Ibaratnya kamar-kamar (PN-PA), almarinya Panmud atau Kaur-Kaur, ada lacinya, ada penjaganya, ada sapunya. Upacara dimulai Pukul 07.50 s/d selesai.  Setelah kegiatan selesai diadakan potong tumpeng nasi kuning sebagai bentuk rasa kebanggan telah mencapai usia yang ke-70. Potong tumpeng dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri bapak SAPAWI, SH. MH diserahkan kepada Pegawai Pengadilan Agama yang masih muda dan dilanjutkan ramah tamah. Proses kegiatan memperingati Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-70 dimulai hari Jum’at dengan kegiatan Jalan Sehat antara PN dan PA Sragen dengan star PN menuju ketimur sepanjang jl. Sukowati menempuh jarak ± 2 km berakhir di Pengadilan Negeri. Setelah itu dilanjutkan pengambilan undian Jalan sehat. Kegiataan lainnya lomba persahabatan diantaranya 1. Lomba Tenis lapangan, 2. Tenis Meja, 3. Lomba Pecah Air dalam Plastik, 4. Balap Kelereng diatas sendok, 5. Memasukkan pensil dalam Botol.  Tidak melihat isi hadiahnya, melainkan untuk nilai-nilai kebersamaan tetap terjaga dan akan dilanjutkan tahun yang akan datang.

Sisi Sosial hubungan dengan masyarakat. Saat itu diadakan ajang silahturohmi dengan persaudaraan Yayasan Yatim Piatuh yang berada di Sragen kota. Sebagai sesepuh ibu Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sragen yang memimpin rombongan Anggota Dharmayukti Karini ke Yayasan Yatim Piatuh. Dalam anggenda itu Dharmayukti karini memberikan sejumlah uang santunan dan beberapa Bahan kebutuhan Pokok untuk menunjang dalam hidupnya.

Merdeka !...!...!

on Kamis, 03 September 2015. Posted in Berita

Merdeka !...!...!

Ketua Pengadilan Negeri Sragen Klas I B ketua Bpk. SAPAWI, SH. MH, Jadi Inspektur Upacara dalam peringatan HUT Republik Indonesia ke -70, Upacara diikuti seluruh elemen Keluarga Pengadilan Negeri Sragen dari Hakim, Pejabat Struktural, Fungsional, Staf dan Pramubakti.  Upacara dimulai pukul 07. 30 WIB s/d selesai, senin (17-08-2015).

Dalam sambutannya, seluruh Warga Negara Indonesia saat ini sedang merayakan dan merasakan Kemerdekaan Republik Indonesia yang telah berhasil direbut para pendahulu Pejuang Kusuma bangsa dengan pengorbanan darah, linangan air mata, hingga pengorbanan jiwa, raga dan benda yang tak ternilai harganya. Kita bertanggung jawab sebagai generasi penerus bangsa untuk menghargai Pahlawan dengan terus meningkatkan semangat kebangsaan, persatuan dan kesatuan. Kita harus berdiri tegak diatas kaki sendiri tanpa harus menggantungkan pada satu Negara. Semangat untuk gotong royong, toleransi, musyawarah untuk mufakat dan Bhineka Tunggal Ika. kita sama-sama melakukan gerakan reformasi mental dan tingkah laku kita, menjadi pribadi-pribadi yang teladan baik bagi anak cucu pewaris dan penerus cita-cita Kemerdekaan Indonesia. Kebhinnekaan Nusantara harus dijadikan sebagai kekayaan budaya dan khasanah Indonesia, untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

 Setelah upacara selesai, diadakan Pemotongan Tumpeng Nasi Kuning Oleh ketua Bpk. SAPAWI, SH. MH. Pucuk tumpeng yang telah dipotong dikasih lauk pauk diserahkan kepada Pegawai Negeri yang masih termuda kepada Bpk. INA PRIYONO, karena dia sebagai generasi penerus di Pengadilan yg masih mempunyai jenjang yang panjang.

∞∞∞ DIRGAHAYU KEMERDEKAAN INDONESIA KE- 70 ∞∞∞